Menjadi Sahabat


Aku tidak membayangkan dalam waktu tiga bulan aku sudah mempunyai sekelompok teman baru yang membuat hari-hariku makin indah dan penuh warna. Bercanda tawa bersama, belajar bersama, jalan-jalan bersama, bahkan membicarakan cowok-cowok cakep yang ditaksir masing-masing… waaahh... seru juga lho !!. Hidupku terasa lebih membahagiakan. Namun, bagaimana caranya “menjadi sahabat”

Tips Menjadi Sahabat :
1.      Jadilah sahabat yang ingin kamu miliki.
Sahabat yang bisa dipercayai. Yaah mungkin kita sangat menginginkan sahabat seperti itu. Sahabat yang tidak mudah menyebarkan gosip dan tidak cepat mempercayai isu-isu, dan tidak membuka rahasia. So,.. jika kamu menginginkan sahabat yang seperti ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jadilah sahabat yang ingin kamu miliki.
2.      Menilai dengan bijaksana.
Menilai orang yang akna kamu jadikan sahabat karib harus dilakukan dengan bijaksana. Kita sering mendengar bahwa “Orang yang bergaul dengan orang bijak akan menjadi bijak, tetapi orang yang berteman dengan orang bebal akan menjadi malang”. Oleh karena itu kamu harus melakukan penilaian yang baik dalam memilih sahabat dan teman dekat. Jangan sampai kamu terjerumus dalam hal-hal negative karena salah dalam memilih teman.
Persahabatan yang harus kamu jalin adalah persahabatan yang membuat diri kamu kuat dan berkembang, yaitu persahabatan dengan orang-orang baik, positif, dan ceria. Persahabatan yang dapat memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi semuanya.. juga persahabatan yang memberikan kekuatan ketika yang lain sedang membutuhkan penghiburan. Oleh karena itu kita harus melakukan penilaian yang baik sebelum memilih teman.
3.      Jangan menilai secara sembarangan.
Meskipun kita melakukan penilaian, namun jangan melakukan penilaian itu secara sembarangan. Maksudnya kita harus memilih secara objektif. Jangan sampai penilaian kita justru menyepelekan orang lain. Misalnya kamu lebih memilih teman-teman yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng dengan logat bicara menggunakan bahasa gaul, biar kamu masuk dalam kelompok orang ganteng atau cantik yang gaul, dan kamu menyepelekan orang-orang yang kurang menarik menurutmu. Atau kamu memilih teman yang tajir-tajir daripada teman dari ekonomi bawah. Oh sungguh… penilaian tidak baik bagimu, karena kamu menbeda-bedakan teman.
4.      Tidak boleh berpura-pura.
Setiap orang pasti menginginkan sahabat yang sejati yang erat dan akrab, maksudnya adalah kamu tidak boleh menjalin suatu hubungan dengan berpura-pura dalam hal apapun.
5.      Persahabatan tidak bisa dibeli.
Sahabat sejati juga tidak memperhitungkan materi. Entah dia anak orang kaya atau miskin, itu bukan masalah. Kita tidak boleh bersahabat dengan orang tertentu dengan embel-embel dia anak orang kaya. Sebagai sahabat yang baik adalah selalu ada satu sama lain, ketika berlebihan atau kekurangan, masing-masing harus saling ada bagi yang lain.

Comments (0)

Posting Komentar